Jumat, 07 September 2012

Profil KKS Melati

Melati Taman Baca tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KKS Melati yang dalam kegiatannya selalu berhubungan dengan buku. 

Kelompok Kerja Sosial Melati (KKS Melati) merupakan sebuah wadah atau komunitas untuk anak muda belajar atau menjadi relawan, sehingga menjadi anak muda yang memiliki kepedulian pada sesama melalui kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan untuk membuat Jakarta dan lingkungan sekitarnya menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Relawan yang tergabung di KKS Melati terdiri dari beragam latar belakang seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan sebagainya. Seluruh relawan yang bergabung melebur menjadi satu meninggalkan keterikatan kelompok, suku, agama dan ras.

Seperti bunga melati yang putih dan kecil, KKS Melati hanyalah satu dari sekian banyak komunitas yang tumbuh di Jakarta yang berusaha memberi arti sekaligus menebarkan wangi (baca: hal-hal yang baik) untuk lingkungan sekitar dan memberikan kepedulian kepada sesama. Komunitas yang percaya apabila banyak aksi sosial serupa juga dilakukan oleh komunitas lain maka lingkungan tempat kita tinggal akan menjadi lebih baik sehingga cita-cita untuk mewujudkan bangsa yang lebih baik akan lebih cepat terlaksana.

MENGAPA MEMBENTUK KKS MELATI

Didirikan pada 24 November 2001, sebagai ajang mengisi waktu luang dengan kegiatan sosial yang bermanfaat. Seiring dengan perkembangannya, KKS Melati menjadi sebuah wadah bagi anak muda di Jakarta untuk belajar dan menjadi relawan, sehingga tumbuh rasa kepedulian kepada masyarakat disekitarnya.

Saling berbagi ilmu dan pengalaman adalah cara transfer pengetahuan mengenai kerelawanan di KKS Melati. Kegiatan berbagi tidak hanya dilakukan dikalangan relawan namun juga pada masyarakat di semua kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan. Proses berbagi inilah yang disebut sebagai penyebaran ”Virus Sehat”. Relawan yang tergabung di KKS Melati adalah mereka yang mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh KKS Melati.

VISI

Adanya kesetaraan sosial di masyarakat melalui pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan sosial.

MISI

1. Menggerakkan lebih banyak kaum muda untuk membuat kota tempat tinggal yang lebih baik.
2. Mendayagunakan potensi masyarakat dan potensi di luar masyarakat untuk mendapatkan
kehidupan yang lebih layak.
3. Membantu mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan pembangunan (pendidikan,
kesehatan dan sosial).

OUTPUT :

Hasil akhir yang ingin dicapai dari serangkaian kegiatan sosial yang dilakukan KKS Melati adalah :

1. Tersedianya kesempatan belajar yang lebih merata.
2. Tersedianya informasi tentang pelayanan pembangunan.
3. Tersosialisasinya hubungan baik antar manusia.
4. Tumbuhnya minat baca anak-anak.
5. Terbantunya masyarakat untuk mengakses sumber-sumber bantuan biaya dan fasilitas pendidikan.

Untuk dapat mencapai hasil akhir tersebut diatas, KKS Melati dalam melakukan kegiatan sosialnya juga terfokus pada keinginan relawan dalam melakukan kegiatan tersebut.

KEGIATAN KAMI

Kegiatan-kegiatan KKS Melati saat ini masih ditujukan di lingkungan masyarakat sekitar, terutama di daerah-daerah seputar Jakarta, terutama di lingkungan dengan keluarga berpendapatan rendah (marjinal). Kegiatan tersebut dilakukan oleh relawan disesuaikan dengan keinginannya berpartisipasi.

Saat ini kegiatan yang dilakukan dapat dikelompokkan menjadi :

1. Melati - Pustaka

(a) Kegiatan Taman Baca bernama Melati Taman Baca yang berlokasi di Basecamp KKS Melati di Jl. Ampera II No. 19 RT 005/09 Jakarta Selatan. Taman baca ini berfungsi sebagai Taman Bacaan dan Bermain (area publik) untuk anak-anak usia TK dan SD. Dan bagi anak-anak remaja menjadi tempat pembelajaran mereka mengenal dunia kerelawanan, anak-anak tersebut dinamakan volunteer cilik.

(b) Kegiatan Putar Buku di Rumah Singgah dan Dhuafa di seputar Jakarta dan jumlahnya akan terus bertambah sesuai dengan perkembangan. Hingga saat ini tercatat ada 5 rumah singgah dan 1 taman baca yang di support oleh KKS Melati dalam hal penyediaan buku bacaan. Secara berjangka (3 bulan sekali) buku-buku tersebut diputar dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga mereka akan selalu mendapatkan akses buku bacaan baru.

(c) Program ”Get Well Soon” adalah sebuah program kunjungan ke rumah sakit untuk anak-anak yang harus tinggal di rumah sakit dalam waktu yang lama. Anak-anak yang menderita tumor, kanker atau penyakit berat lainnya. Tujuannya adalah untuk menghibur anak-anak yang sedang sakit dan menghilangkan trauma dengan membaca, mendongeng, bermain sulap, dan lain-lain.

(d) Program Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan, kegiatan Taman Bacaan Keliling ke kampung atau pemukiman marjinal yang sulit mendapatkan akses terhadap bacaan bermutu. Program ini sekaligus menjadi program ngabuburit (menunggu beduk magrib) sebagai tanda berbuka puasa bagi anak-anak.

2. Melati – Berbagi.

Program ini tidak terbatas pada pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, sunatan massal, kunjungan ke panti asuhan, membantu korban bencana alam dan lainnya. Selain itu, KKS Melati juga memberikan konsultasi, motivasi dan support bagi teman-teman yang ingin mendirikan taman baca. Berbagi pengalaman dengan beberapa penggiat taman baca saling memberi ilmu dan kiat-kiat seputar taman baca. Hingga saat ini, KKS Melati sudah mensupport taman baca di Bireun-Aceh, Wonosobo, Magelang, Raja Ampat-Papua dan lainnya.

3. Melati – Program Pemberdayaan Masyarakat.

Melalui Pusat Belajar Rumah Melati (Learning Center), Melati membuka diri sebagai tempat belajar untuk masyarakat sekitar Rumah Melati (basecamp). Program yang sudah diluncurkan adalah Taman Bacaan untuk anak-anak. Program lain yang akan diadakan adalah penyuluhan kesehatan untuk masyarakat sekitar, kegiatan belajar memasak untuk ibu-ibu, dan lain-lain.

4. Melati – Sharing Time.

Ini adalah program internal Melati yang disingkat SHATE (baca : sate) untuk pemberdayaan relawan. Disinilah relawan dapat bertemu muka dan berbagi pengalaman mereka sebagai relawan.



Untuk informasi lebih lanjut:
Email: kks_melati@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar